Amilcare Dallevo, Jr: Pengusaha Berjiwa Perintis

Entrepreneurship / 25 September 2009

Kalangan Sendiri

Amilcare Dallevo, Jr: Pengusaha Berjiwa Perintis

Tammy Official Writer
2881
Keadaanlah yang mungkin menyebabkan Amilcare harus bekerja sedari muda. Di usia 14 tahun, dan telah kehilangan ayah, Amilcare Dallevo, Jr. masuk dalam situasi di mana ia harus bekerja untuk menopang keluarganya. Tetapi itu pun berbuahkan keberhasilan di masa depannya.

Pekerjaan pertamanya adalah pekerjaan yang sekarang sudah tidak ada lagi, yaitu perforator kartu komputer. Bertahun-tahun kemudian, ia meraih gelar di bidang teknik kelistrikan dan mulai bekerja di bank otomatisasi di Itau. Ia bekerja dengan begitu baik sehingga dalam waktu satu setengah tahun, ia ditarik oleh Citibank untuk mengelola manajemen telekomunikasi.

Namun, di usia 27 tahun, ia meninggalkan semua itu untuk bekerja di sebuah ruangan kecil, yang merupakan kantor pusat perusahaan pertamanya, Tecnet. Kartu as terbesarnya adalah mengembangkan sistem perintis yang memungkinkan pembuatan tagihan telepon per pesawat (extension), sehingga mempermudah pengelolaan tagihan telepon di berbagai perusahaan. Dalam waktu hanya dua tahun, daftar kliennya mencakup perusahaan seperti Embratel, Ultra Group, Itau Bank, dan Citibank, dimana ia memulai karirnya. Ruangannya yang sederhana dengan cepat menjadi gedung bertingkat lima.

Amilcare DallevoBukti terbesar dari kejeniusan Dallevo adalah penciptaan sebuah sistem dimana publik dapat berinteraksi dengan program televisi secara realtime melalui saluran 900. Sistem itu dimulai pada tahun 1993, ketika untuk pertama kalinya pemirsa televisi dapat menonton pawai sekolah samba Rio de Janeiro dan memilih favorit mereka selama berlangsungnya pertunjukan. Kesuksesan itu begitu besar sehingga Dellavo kemudian membuka perusahaan lain, Tecplan, dan mulai memasok teknologi ke sejumlah jaringan televisi. Globo Network, contohnya, menggunakan teknologi ini agar pemirsa televisi dapat memasukkan pilihan dalam acara You Decide, yang saat itu ratingnya paling atas. Dengan modal yang terakumulasi dari prakarsa-prakarsa ini, Dallevo mengambil langkah selanjutnya dan membeli lima konsesi TV Manchete bersama mitranya, Marcelo Carvalho de Fragali.

Itulah cikal bakal Rede TV!, yang menjadikan Dallevo dan Fragali anggota terbaru di dalam kelompok pebisnis hebat di dunia pertelevisian Brasil.

Sumber : The Trump Way of 3 Minutes. Ricardo R. Bellino. BIP Press
Halaman :
1

Ikuti Kami